Pages

27 January 2016

Menuju Satu Dekade Menulis di Blog



Juni tahun ini, tepat satu dekade saya menulis secara online. Sepuluh tahun. Bukan waktu yang sebentar ternyata. Kilas balik masa sepuluh tahun ini, ternyata banyak cerita antara saya dan blog. Awalnya blog ini adalah blog gratisan, saya mulai dengan domain birutetaplahdamai.blogsopt.co.id. lalu sekian lama terabaikan karena setelah itu saya keranjingan menulis di multiply dengan akun perempuanbiru.multiply.com. Ketika di akhir tahun 2012 multiply mengumumkan bahwa mereka akan mengganti kebijakan webnya bukan lagi situs blog tetapi lebih kepada jual beli secara online (e-commerce), saya segera memindahkan semua tulisan saya ke blogspot. Kembali ke blog ini. Pada saat itulah saya saya sadar, bahwa saya cukup banyak menulis tapi tak pernah benar-benar serius mengelola blog. Status di media sosial, aneka coretan di buku notes, dan memo-memo di handphone terproteksi itu adalah saksinya. Maka demi mengembalikan lagi semangat itu, saya memberanikan diri membayar domain sendiri untuk blog ini. Maka jadilah ia, perempuanbiru dot com.

Kesukaan menulis ini telah saya lakoni sejak duluuuu sekali. Dari zaman pakai seragam merah putih bahkan. Para sahabat tahu persis dengan kebiasaan saya ini. Jauh sebelum saya mengenal blog, saya selalu punya buku tempat menuliskan segalanya. Tak jarang satu dua orang minta saya buatkan puisi, cerpen atau semacam tulisan motivasi, walaupun jarang terpublikasi (majalah dinding, tabloid sekolah dan re-write di status sosmed teman-teman, saya anggap itu publikasi kecil dan nyata J ). Saya punya banyak draft fiksi berbentuk cerpen, yang sampai sekarang masih saya simpan. Satu-satunya karya fiksi tersebut saya ikutkan lomba, meraih juara pertama, diterbitkan di majalah, dibukukan dalam antologi dua tahun setelah itu, tapi itu masih menjadi satu-satunya karya yang dipublikasikan dengan pengakuan.

Blog ini, menjelang usianya yang kesepuluh tahun, menemani saya dalam perjalanan siklus yang terus berulang : ingin kembali menulis blog, membongkar draft lama, ah bagusan bikin tulisan baru, nanti aja mulai lagi menulisnya, kesibukan banyak sekali, saya tidak sempat menulis apapun, diam, buka blog lagi, ingin kembali menulis blog dan seterusnya. Hahaha... begitu terus sampai entah kapan. Padahal melihat ia tergugu di dunia maya, saya pun kasihan. Mengutak-atik tata letak dan tampilan saya lakukan demi menambah semangat mengunjunginya, bahkan ketika berubah domain, saya re-set statistik pengunjung mulai dari nol lagi sebagai pengingat : itu loh lihat, blog kamu dibaca teman-teman, ayo menulis terus!

Dan sekarang, menjelang usianya ke sepuluh, saya memasang adsense, tapi permohonan adsense saya ditolak. Tak apa, ini mungkin sebagai tambahan pecut agar saya kembali rutin menulis. Gooo Adeee!!!