Pages

07 August 2008

Telong-telong dan Keletihan

Hari ini Kota Padang berulang tahun. Yang ke 339.
Biasanya, malam sebelum 7 Agustus itu pemko mengadakan pawai telong-telong.
kalau tidak salah, telong tersebut artinya adalah cahaya api yang dinyalakan dari obor tetapi ada kertas yang menjaganya tetap hidup. Mirip seperti lampion.

Tadi malam, pulang dari kantor (yang juga heboh ngadain acara, sampai jalanan depan jadi macet), angkot yang saya naiki terpaksa muter-muter karena beberapa jalan di blokir. Akhirnya saya berhenti cukup jauh dan terpaksa jalan kaki sedikit ke rumah. Sepanjang jalan, saya bertemu beberapa arakan pawai telong-telong dari beberapa kecamatan (sayang, barisan antar kecamatan terpisah cukup jauh, jadi pawainya terlihat pendek).
Seingat saya, waktu saya jadi peserta pawai telong-telong ini, semuanya lebih heboh. Obor yang dipakai lebih banyak dan lebih meriah. Tapi yang berbeda kali ini adalah keikutsertaan rombongan barongsai. Yup, eksistensi mereka akhirnya diakui, mereka (etnis keturunan Tionghoa) juga ikut membangun Padang.

339 tahun, Kota ini sudah tua ternyata. Tapi tua-tua keladi. makin tua makin menjadi. Inilah, oma-oma yang bersolek. Jelang pilkada, kota ini semakin menggeliat. Saya sendiri, yang hampir tiap hari liputan ke KPU Padang, belum punya pilhan, tanggal 23 Oktober bakal nyoblos siapa (Beberapa calon terlihat cerdas, punya ide brilian dan tampak bijaksana. Tapi saya takut kecewa, dan golput pun bukanlah solusi. Kita lihat saja nanti)

Kota ini sepertinya tidak pernah letih. Tidak seperti saya, yang ketika bangun pagi, yang ada hanya semangat, tapi tubuh protes untuk diajak beraktivitas kembali, huff, ini dunia yang bergegas, dunia yang tak mengenal kata rehat. Saya suka dan menikmati, tapi tubuh pun mulai protes. Anehnya, kenapa saya belum sakit?

Beberapa hari lagi saya juga berulang tahun. Saya jelas tak ingin sakit pada hari itu. Semalam ibunda bertanya mau dibikinin apa ketiha harinya tiba. Mungkin Cake Labu kesukaan yang bikinnya repot banget atau cukup blackforest instant.