Pages

06 August 2008

BBBB ( Brain, Beauty, Behaviour, Bustard?)

Beberapa kali meliput pemilihan duta-duta wisata di kota ini, kota tetangga bahkan sampai tingkat provinsi bikin saya agak miris.

Ini tidaklah berbeda dengan pemilihan beauty pageant lainnya, yang katanya standarnya adalah Beauty, Brain, Behaviour atau lebih dikenal konsep 3B, dan Artika Sari Devi menambahkan dengan Brave.

Beauty, cantik. Apa sih standar cantik? Kulit putih, tinggi 170, kurus, rambut lurus, etc. Itu mungkin standar cantik media saat ini. Dulu? Orang dayak dianggap cantik kalo telinganya panjang, orang Uganda dianggap cantik kalo lehernya kayak jerapah, orang mesir cari istri itu yang gendut, karena cantik adalah gendut dan lambang kesuburan.
Lalu apa Beyonce itu gak cantik? Alicia Keys? Naomi Campbel, Dewi Hughes?

Berarti kita sepakat bahwa cantik itu relatif ( Pernah denger Nadine Chandrawinata Putri Indonesia 2006 waktu diwawancara pulang dari Miss Universe, dia bilang : cantik itu Alternatif. Hahaha). Tapi coba liat, dalam acara putri-putrian kayak gitu, pernahkah yang menang itu berkulit hitam, jerawatan, gendut dan pendek? Tidak Bukan? Berarti standar cantik yang dipakai adalah standar cantik kebanyakan.

Brain, otak, kecerdasan. Indonesia is a beautyfull City. Itu kata Nadine waktu disuruh juri Miss Universe untuk menjelaskan apa keunggulan Indonesia. City? Adek saya yang SD saja ngerti apa beda country dan city.
Atau dengar kan jawaban salah satu finalis Uda Uni (Pemilihan duta wisata di daerah saya), ketika juri bertanya, Bagaimana penerapan Kato Nan Ampek dalam pengembangan pariwisata Ranah Minang.
Dia memilih menjawab pakai bahasa Inggris, biar terkesan keren :
Thank you for the question. Kato Nan Ampek is Kato Mandaki, Kato Manurun, Kato Mandata dan Kato Malereng. Thank you.
Itu saja, hadirin bertepuk tangan dan dia pun menang!!!

Behaviour, kepribadian. Apa cukup masa karantina sekian hari untuk menilai kepribadian manusia yang pada dasarnya unik dan complicated? Saya, kalau ada di depan kamera dan tau sedang dinilai, pasti saya akan selalu senyum manis, tidak cemberut dan berusaha ramah.

Waktu itu, saya meliput final pemilihan duta wisata di satu kota. Acaranya diadakan malam hari dan di luar ruangan. Sepanjang acara saya tidak diberi duduk. Jadi karena saya harus buat berita yang menceritakan detail acara, saya memilih berdiri di depan dan kameramen saya biarkan mondar mandir. Lalu, seorang cowok, duta wisata juga, sekaligus panitia, menggunakan pakaian merah menyala (jenis warna adat yang banyak dipakai untuk acara seperti ini), wangi dan berselempang, berdiri tepat di depan saya, memunggungi dan nyaris tidak berjarak dan otomatis, sepatu pantovelnya yang ber-heel 3 cm menginjak kaki depan saya. Saya mendehem. Dia diam. Lalu bahunya saya colek. Saya bilang, maaf, permisi, kaki saya keinjak. Dengan pongahnya dia berkata, kalau nonton jangan disini. What The Hell!!! Inikah kepribadian yang dimaksud?

Saya bukan antipati dengan ini semua. Beberapa teman, malah saya support untuk ikut ajang ini. Saya juga mengenal beberapa di antara mereka. tapi saya juga tahu persis ada di antara mereka yang menang karena anak pejabat, ada yang diduga suka sesama jenis, ada yang hidupnya susah dan nyolong dulu untuk bisa mendaftar, atau ada yang sangat pongah dan merasa kota ini dia yang punya.

Sampai hari ini, ketika saya ditugaskan lagi meliput pemilihan-pemilihan seperti ini, saya belum bisa simpatik dengan mereka. Mungkin saya iri, katakanlah, mereka 'look so glam', tapi "ke-irian" ini tidak diikuti oleh keinginan ingin menjadi seperti mereka.

Beberapa diantara putri-putri itu ada yang saya kagumi. Angelina Sondakh dan Artika Sari Devi. Tapi untuk Sumbar, Padang ataupun kota-kota lain (setiap kota punya Uni-Uda (seperti abang none)). Saya masih miris melihat semuanya, mungkin karena saya sedikit banyak mengetahui karakter banyak orang yang terlibat disana. Miris melihat berapa APBD tersedot untuk itu dan miris melihat ini hanyalah seremonial, event tanpa substansi.

Mungkin, suatu saat, saya akan berubah pikiran. Mungkin!! No offense, dude!!!