Pages

09 June 2008

CLeoPaTRa

Minggu lalu, ada orang yang menyebut saya cleopatra lagi, (kali ini lebih ke orientasi fisik).
Sebelum itu, orang terakhir yg memanggil saya Cleopatra sudah 'menyerah' menyebut saya begitu. Karena terbukti saya tidak terlalu 'Cleopatra'.
Haha, udah lama banget rasanya gak mendengar kata cleopatra lg.
Mungkin karena saya sudah 'kapok' untuk menjajah. Dua tahun belakangan, saya lebih nyaman di posisi sudut, mengamati, menganalisa, lebih aman dan tidak beresiko.
Atau mungkin karena saya sudah berlabuh dari pelayaran dengan kapal kertas buta arah. Entah.

Cleopatra.
Buku terakhir yang saya baca tentang legendanya, menyebutkan kalau dia ternayata sangat tidak menarik secara fisik. Setidaknya tidak seperti apa yang menjadi standar cantik bagi banyak orang. Cleopatra itu hitam dan gemuk.
Jadi apa yg divisualkan oleh film tentang ratu mesir ini, tentang kecantikan dan daya tariknya adalah sebuah kekeliruan.
Yang menonjol dari seorang Cleopatra harusnya bukan kecantikannya, tetapi power-nya, kekuasaannya, keinginan 'menjajah', dan tentu petualangannya (arti konotatif dan denotatif).

Oke, enough tentang Cleopatra.
Dia memang istimewa, inner beauty-nya selalu disebut, kebijaksanaannya dibicarakan, analisanya tajam, visinya luas, otaknya encer, karismanya kuat, dan ambisinya melegenda.
Tapi ketika banyak orang mengaitkan saya dengan Cleopatra (yang maksudnya mungkin memuji?), saya justru berkonotasi negatif.
Separah itu kah saya? Apakah saya penjajah? Atau saya seorang petualang? Keinginan menguasai?
Entah.

Tapi, hari-hari terakhir saya bergeming. Kok kali ini, saya ingin 'mengacau' ya? Kalau sebelumnya saya hanya pengamat dan terkadang menganalisa sendiri, kali ini rasanya saya ingin jadi pemain.
Ada 'kenyamanan' yang mengusik dan rasanya perlu saya usik. Keambiguan sosok yang membuat tanya. Apa saya memang cleopatra, mengusik, dan jika berhasil, kembali bertualang?
Entah.

Saya mengamatinya. Mencoba detail. Ingin mengusik dan membuat terusik. Tapi ini tidak seperti sebelumnya, dan tidak seperti yang anda bayangkan.

Hhh, lagi, entahlah. Saya masih menimbang-nimbang, masih mereka-reka dan mengukur. Kali ini mungkin sebagai jenderal perang, atau sebagai kepala 'pemerintahan'. Atau sebagai perempuan? Seperti Cleopatra?